Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik! - Jika dulu sebagian besar kita bermain game di PC, PlayStation ataupun Console Game, sekarang kita sudah memasuki zaman dimana sebagian besar orang bermain dengan Mobile Games.

Hal ini tak lepas dari perkembangan tekonologi yang semakin canggih serta Sistem Operasi Mobile yang tidak kalah menakjubkannya.

Selain itu, para pengembang game jika terus berinovasi dan menciptakan game-game terbaik yang terus ditingkatkan kualitasnya.

Untuk saat ini, game yang sedang banyak di gemari di Indonesia adalah Clash of Clans dan Mobile Legends.

Untuk Clash of Clans sendiri, spesifikasi hp yang digunakan untuk bermain game ini tidak membutuhkan spek yang terlalu tinggi. Atau terlalu bagus.

Berbeda dengan permainan Mobile Legends, tampaknya, permainan ini membutuhkan spek Smartphone Gaming dengan kualitas yang cukup baik.

Ntah iya atau tidak, tetapi teman saya mencoba memainkan game tersebut, yang terjadi game berat atau gagal dimainkan.

Untuk Anda yang ingin membeli Smartphone Gaming, berikut Tips atau hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Samrtphone Gaming

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Hal - Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Ada 5 hal yang perlu kami perhatikan sebelum membeli smartphone untuk bermain game. apa saja kah itu? berikut hal-hal yang perlu kami perhatikan sebelum membeli smartphone gaming terbaik. 


1. Chipset

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

CHIPSET pada Smartphone dan Tablet berbeda dengan CHIPSET yang ada pada Komputer. Pada perangkat Komputer, CHIPSET bekerja lebih spesifik dan terpisah dari CPU.

Salah satu komponen yang paling penting dalam memilih smartphone gaming adalah SoC (System on Chip ). SoC bisa dibilang sebagai otakdari smartphone.

SoC terdiri dari berbagai bagian dengan fungsi yang berbeda, seperti prosesor, GPU, modem dan berbagai komponen lainnya yang mengatur pemrosesan data.

Jika kamu melihat spesifikasi dari sebuah smartphone, Single-core, dual-core, quad-core, hexa-core, octa-core, dan deca-core adalah Prosesornya.

Sedangkan Qualcomm Snapdragon 835, MediaTek Helio X25, Samsung Exynos 8895 octa, dan lainnya adalah Chipset.

Prosesor merupakan bagian dari Chipset.


Saat ini, chipset dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek.

Chipset yang terbaru Qualcomm adalah Snapdragon 835. Jika  kamu punya uang yang banyak, pastinya tidak masalah untuk mendapatkan smartphone flagship yang ditenagai chipset Snapdragon 835.

Lihat tabel untuk lebih jelas


KelasChipset
Seri Snapdragon 800Snapdragon 835
Snapdragon 821
Snapdragon 820
Snapdragon 810
Snapdragon 808
Snapdragon 805
Snapdragon 801
Snapdragon 800
Seri Snapdragon 600Snapdragon 652
Snapdragon 650
Snapdragon 617
Snapdragon 616
Snapdragon 615
Snapdragon 610
Snapdragon 600
Seri Snapdragon 400Snapdragon 435
Snapdragon 430
Snapdragon 425
Snapdragon 415
Snapdragon 412
Snapdragon 410
Snapdragon 400
Seri Snapdragon 200Snapdragon 212
Snapdragon 210
Snapdragon 208
Snapdragon 200

Jumlah core bukanlah suatu jaminan cepat atau tidaknya performa smartphone. Jangan mudah tergiur dengan jumlah core yang banyak.

Prosesor yang dioptimalisasi bisa lebih powerful ketimbang jumlah, contohnya chipset Apple A10 Fusion pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Hanya mengandalkan prosesor quad core 2.34 GHz, tapi soal performanya tak perlu diragukan lagi.

Pada chipset Snapdragon 820/821, Qualcomm hanya mengandalkan prosesor kustom Kyro dengan hanya 4 inti. Sementara versi terbaru yakni Snapdragon 835 punya 8 inci yang dibagi menjadi dua, empat core performa tinggi (@2.45 Ghz) dan empat core hemat daya (@1.9 Ghz).


Jika kamu seorang gamer sejati namun terkendala oleh dana, maka carilah smartphone dengan chipset Snapdragon 821 atau Snapdragon 820 yang terdapat di smartphone flagship

Sementara, untuk smartphone kelas menengah kamu bisa cari smartphone dengan chipset minimal Snapdragon 615/625. Untuk seri Snapdragon 410/430 lebih cocok kegiatan normal sehari-hari, seperti menangani media sosial.  (jalantikus.com)



2. Kartu Grafis atau GPU

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Smartphone dengan Processor dan RAM yang baik bukan berarti merupakan Smartphone Gaming terbaik. Kartu Grafis menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam urusan gaming.

Tanpa Kartu Grafis yang baik, game tidak akan tampil atau berjalan dengan maksimal.

GPU juga merupakan bagian penting dalam bermain game, pada prinsipnya GPU mirip dengan CPU namun yang diproses hanyalah yang berhubungan dengan grafis. Karena grafis adalah bagian utama dari game maka GPU yang kencang akan membuat pengalaman bermain semakin seru.

GPU juga berfungsi sebagai pengolah efek-efek game, GPU yang baik bukan hanya membuat game semakin lembut (smooth), tetapi akan membuat game penuh dengan efek.

Jika kamu memilih SoC yang bagus, maka sudah pasti GPU juga bagus.




3. RAM dan Memori Internal

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Jika kamu ingin membeli smartphone untuk bermain game, perhatikan juga kapasitas RAM dan memori Internalnya.

RAM berfungsi untuk menyimpan game sementara yang kemudian akan diakses oleh prosessor dan GPU.

Sedangakan Memori Internal digunakan untuk menyimpan data secara permanen.

Idealnya jika smartphone yang kamu beli digunakan untuk bermain game, sebaiknya pilih smrtphone dengan kapasitas RAM minimal 4GB.

Sementara untuk Memori Internal adalah 16GB, idealnya minimal 32GB.

Sangat tidak direkomendasikan untuk membeli smartphone dengan kapasitas 8GB kebawah. Karena kurang maksimal dan kurang nyaman jika digunakan untuk bermain game.



4. Resolusi dan Ukuran Layar

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Resolusi dan ukuran layar itu berbeda. Resolusi merupakan kepadatan ppi (pixel per inch), semakin tinggi nilai ppi maka akan semakin padat dan halus tampilan gambarnya.

Sedangkan Ukuran Layar adalah ukuran besar layar smartphone. Besarnya resolusi dan ukuran layar akan mempengaruhi kualitas gambar.

Perlu diketahui, Resolusi 1080x1920 pixel dengan ukuran layar 5 inch akan menghasilkan kepadatan 441 ppi, resolusi 1080x1920 pixel dengan ukuran layar 15 inch akan menghasilkan kepadatan 146 ppi. (Sumber detik.com )

Jadi, resolusi yang sama besarnya akan berbeda hasil gambarnya pada setaip ukuran layar. 

Berikut adalah jenis resolusi layar yang umumnya banyak digunakan di smartphone saat ini.

  • QVGA (320x240)
  • HVGA (480x320)
  • WVGA (800x480)
  • FWVGA (854x480)
  • DVGA (960x640)
  • WSVGA (1024x600)
  • XGA (1024x768)
  • WXGA (1366x768 / 1360x768 / 1280x800)
  • QXGA (2048x1536)
  • qHD (960x540)
  • HD (1280x720)
  • FHD (1920x1080)
  • QHD (2560x1440) 

Minimal carilah resolusi layar 1080p, atau lebih bagus lagi yang sudah Quad HD


5. Baterai dan Fitur Fast Carging

Tips Sebelum Membeli Smartphone Gaming Terbaik!

Jika bermain game, pastinya kamu betah berjam-jam untuk memainkannya. Untuk itu, diperlukan baterai dengan ketahanan yang cukup lama jika sobat ingin membeli smartphone gaming.

Tidak cukup hanya tahan lama, smartphone yang kamu pilih juga harus memiliki fitur Fast Charging. Agar saat baterai sudah hampir habis, pengisian daya bisa dikalukan dengan cepat. Dan kamu tidak perlu menunggu lama untuk bisa memainkan game kesukaanmu kembali.

Pada postingan sebelumnya saya sudah membuat list beberapa smartphone dengan baterai tahan lama, silahkan dibaca :

Kesimpulan 
Intinya jika kamu ingin membeli smartphone untuk gaming, pilih smartphone dengan dapur pacu yang bagus. Memori Internal dan RAM juga harus besar atau lapang, biar proses install game berjalan dengan lancar.

Selain itu, spesifiksi resolusi layar atau grafis-nya harus bagus. Baterai pilih yang ideal atau tahan lama dan juga pastikan sudah memeilii fitur Fast Carging agar tidak perlu menunggu lama agar baterai ponsel kamu terisi penuh. Dan kamu bisa kembali bermain game kesukaan kamu.

Tag : smartphone gaming, hp gaming terbaik, hp gaming murah berkualitas, hp untuk main game yang bagus, cara membeli hp smartphone untuk main game yang bagus.

Iklan Tengah Artikel 1