Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android yang Lemot atau Lambat - Masalah ini sekali kita temui bagi kita pengguna Smartphone Android. pasti sangat menjengkelkan ketika kita sedang menggunakan hp kita dan sedang buru-buru tiba-tiba hp menjadi lemot dan bahkan tidak bisa di apa-apakan.

Biasanya kalau udah gini hp pasti dimatikan dengan paksa dengan cara mencabut baterainya :D. Sebenarnya apa sih penyebab android menjadi lemot? dan bagaimana sih cara mengatasinya agar android kita kita lemot lagi bahkan menjadi blank. Berikut saya share tips-tipsnya penyebab smartphone android menjadi lemot dan cara mengatasinya.

Penyebab Smartphone Android Anda Menjadi Lemot

Memori Internal  (RAM) Penuh

Penyebab pertama kenapa android Anda menjadi lemot adalah memori internal yang penuh. Hal ini dikarenakan Anda terlalu banyak mengunduh aplikasi sedangkan kapasitas memori interal Anda sudah hampir mencapai batas maksimal. 

Cache Tidak Dibersihkan

Cache adalah sisa data berkelanjutan saat Anda menjalankan aplikasi pada Smartphone. Penumpukan cache dari aplikas-aplikasi  tersebut dapat memperlambat kinerja smartphone Android Anda.

Terlalu Banyak Widget atau Aplikasi yang Tidak Penting

Faktor ini masih berkaitan dengan penyebab  pertama. Terlalu banyak menginstal widget yang bertujuan untuk mempercantik tampilan Android Anda ini juga menjadi penyebab Android Anda menjadi lemot.


Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi Secara Bersamaan

Pada Smartphone Android Anda dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Saat Anda sedang bermain game, Anda juga dapat membuka aplikasi BBM tanpa harus menutup aplikasi tersebut yang disebut minimize.

Jika hanya 2 atau 3 aplikasi yang Anda jalankan bersamaan mungkin tidak terlalu terasa. Namun kebanyakan pengguna Android tidak menutup aplikasi yang sedang tidak mereka gunakan dan membuka aplikasi-aplikasi lain secara bersamaan.

Akhirnya terjadi penumpukan aplikasi yang terbuka. Ini juga menjadi faktor penyebab Android menjadi Lemot.

Memori Exsternal

Menurut sumber yang saya baca, memori exsternal juga menjadi faktor penyebab Android menjadi lemot. Bukan kapasitasnya, melainkan kualitas Class. Yang terbaik adalah Micro SD yang memiliki nilai class 10. 

Cara mengetahui nilai class Micro SD Anda. Lihat pada bagian fisik Memori Exsternal Anda. Biasanya akan ada angka 4,6, dan 10 yang di tulis dengan huruf kecil (Sumber : Source).


Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

Setelah Anda mengetahui penyebab-penyebab Android menjadi lemot sekarang Anda simak cara mengatasi Android yang lemot.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Hapus atau kurangi aplikasi yang dirasa kurang penting dan jarang digunakan. 

Sebaiknya instal aplikasi seperlunya saja dan sesuaikan dengan kapasitas memmori internal smartphone Anda.

Bersihkan Cache Secara Berkala

Cara menghapus cache di android berbeda-beda leatutaknya. Tapi garis besarnya semua sama. Masuk ke Pengaturan/Setting > Memori/Penyimpanan.

Anda Scroll ke bawah dan lihat pada kolom Data dalam cache. Pada Hp Advan S4 tampilannya seprti gambar dibawah.



Kita lihat, Dalam dalam cache di memori Internal saja sampai 237MB. Bayangkan jika hal ini terus di biarkan tanpa menghapus cache yang tidak di perlukan lagi.

Pastinya akan memakan space memori internal Anda dan ini akan semakin membuat Android Anda menjadi lemot.

Klik atau tekan kolom Data dalam cache tadi. Maka akan muncul pesan Apakah Anda ingin menhapus data dalam cache [ada semua aplikasi? tekan saja ok.



Lakukan juga pada memori Exsternalnya juga.


Tutup Aplikasi yang Sedang Tidak Digunakan

Jika sudah selesai menggunakan aplikasi sebaiknya tutup aplikasi tersebut. Penumpukan aplikasi yang dibuka secara bersamaan akan mengakibatkan Android menjadi lemot.

Matikan Smartphone Saat Mengisi Daya

Selain membuat baterai smartphone Anda menjadi awet, mematikan smartphone saat mengisi daya akan membuat kalibrasi atau sensitifitas dari touch screen Anda akan tetap terjaga dan menghindari error.

Kurangi Widget-widget yag Tidak Penting dan Hindari Penggunaan Live Wallpaper.

Memang tampilan akan menjadi lebih menarik jika Anda menambahkan Widget tampilan dan juga live wallpaper. Namun hal ini juga membuat baterai lebih cepat habis dan menyebabkan Android menjadi lemot.

Gunakan Satu Antivirus Saja

Aplikasi jenis ini biasanya bekerja pada background dan selalu memantau system terdalam dari android. Jika Anda menggunakan Antivirus lebih dari satu maka kerja android juga akan semakin keras lagi dan akan memakan banyak ruang RAM.

Gunakan Aplikasi Berbayar

Tahukah Anda bahwa ketika anda mengunduh atau menggunakan aplikasi gratisan sebenarnya anda sedang menjadi kelinci percobaan?

Itulah alasan kenapa banyak review baik atau buruknya aplikasi tersebut yang dibuat di pasar aplikasi google.  Membagikan aplikasinya secara gratis akan membantu para pengembang mengetahui bugs atau pengaturan yang sudah sesuai.

Namun tidak semua aplikasi seperti itu. Banyak aplikasi gratis yang memiliki fitur dan kualitas yang sangat baik. (sumber : Source )


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Smartphone Android anda menjadi lemot. Semoga informasi ini dapat membantu............

Tag : cara mengatasi android lemot, android lemot solusinya, solusi hp android lemot, hp android lemot banget, penyebab hp android lemot dan cara mengatasinya, android lemot saat main game, android lemot browsing.

Iklan Tengah Artikel 1