Cara Mudah Mengatasi Advan Vandroid S5E Berhenti di Logo (Bootloop) tanpa Flash

Cara MudahMengatasi Advan Vandroid S5E Berhenti di Logo (Bootloop) tanpa Flash - Pada handphone dengan OS Android hal ini sangat sering terjadi. Tidak hanya satu atau dua merek hp saja yang mengalami masalah seperti ini, pengalaman saya hampir semua jenis hp dengan OS Android mengalami masalah berhenti di logo pada saat menghidupkan hp. Istilah ini disebut dengan Bootloop.

Penyebab HP Android Bootloop

Ada beberapa macam penyebab dari Android mengalami Bootloop atau stuk di logo. Diantaranya :

1. Memodifikasi Sistem Pada Android

Penyebab pertama kenapa hp Android mengalami Bootloop ialah memodifikasi sistem. Memodifikasi sistem itu seperti apa? apakah dengan perombakan dari sistem operasinya secara besar-besaran?. Tidak, memodifikasi sistem tidak harus Anda memodifikasi sistem operasinya secara signifikan.

Modifikasi sistem ini bisa saja dengan cara mengganti font. Dengan mengganti font, ini sudah bisa disebut dengan memodifikasi sistem.

Jika saat Anda menghidupkan kembali hp ataupun hp tiba-tiba mati, kemudian pada saat dihidupkan kembali hp tidak bisa masuk ke home menu tetapi hanya berhenti di logo. Kemungkinan salah satu penyebabnya ialah efek dari Anda memodifikasi sistem.

2. Mengubah atau Tweak Isi Build.prop

Build.Prop adalah “script” yang memegang pengaturan runtime yang berjalan pada saat proses booting pada Android (Source).

Secara Umum Build.Prop mirip pengaturan yang ada di /system/ dan pengaturan itu akan berjalan otomatis saat proses booting berlangsung. 

Contoh scrip yang ada pada Build.prop ialah mengenai Tampilan, versi, model, penamaan, pixel density, dan lain-lain. Dengan mengubah atau mengedit Build.prop kita dapat meningkatkan sedikit performa pada software maupun hardware. Proses pengeditan pada build.prop ini disebut dengan Tweak.

Jika Anda mengikuti tutorial cara mengedit Build.prop, mungkin ini juga menjadi salah satu penyebab Hp Android Anda menjadi Bootloop.

3. Overclock pada HP Android 

Overclock adalah memaksa prosesor bekerja diatas kemampuannya. Cara ini bisa mengakibatkan kerusakan pada device jika kurang teliti dalam overclocking.

Beberapa orang mengalukan hal ini agar  mereka medapatkan performa yang lebih baik dari HP Android mereka. Tetapi hal ini bisa mengakibatkan sistem android menjadi tidak stabil.

Jika Anda melakukan Overclock jangan terlalu tinggi dari standartnya. Tetapi alangkah baiknya tidak melakkannya.

4. Gagal Pada Saat Melakukan Flashing

Kegagalan dalam proses flashing menyebabkan hp android menjadi Bootloop. Solusinya  flash ulang dengan stock rom dari hp android Anda.


Tingkatan Bootloop Pada Android dan Cara Mengatasinya

1. Android Light Bootloop (Tingkat Ringan)

Istilah ini disebut juga dengan Bootloop ringan. Android Light Bootloop terjadi karena cache yang penuh sehingga android mengalami kelelahan. Baca disini Cara Mudah Membersihkan Cache Android....

Hal ini biasanya terjadi pada saat menginstal aplikasi atau bermain game dalam waktu lama secara terus-menerus. 

Cara mengatasi masalah ini cukup mudah, hanya dengan mematikan hp kemudian cabut batrenya beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Namun pada hp tipe tablet, batre dipasang permanen. Jika cara mematikan biasa tidak berhasil, maka mau tidak mau Anda harus melakukan  proses 'wipe user data' atau factory reset melalui Android System Recovery. Akan kita bahas di akhir  artikel.


2. Android Medium Bootloop (Tingkat Menengah)

Bootloop pada tingakat ini biasanya terjadi karena sering melakukan install scrip yang tidak jelas atau melakukan tweakingsecara berlebihan seperti kustomisasi tema, modifikasi bootscreen, mengotak-atik sistem android, dan lain-lainnya.

Bootloop tingkatan ini masih bisa diatasi dengan cara recovery mode yang akan kita bahasi pada penjelasan berikutnya.


3. Android Hard Bootloop (Tingkat Fatal)

Bootloop tingkat fatal ini terjadi karena user/pengguna melakukan tweak atau modifikasi scrip yang tidak jelas secara berlebihan, melakukan rooting hp android, kemudian menghapus aplikasi bawaan android, ataupun menghapus dan mengubah file penting yang dibutuhkan android.

Cara mengatasinya silahkan Anda bawa hubungi pihak service atau jika Anda ingin memperbaikinya sendiri silahkan Anda belajar Cara Flash HP Android.



Cara Mengatasi HP Advan Vandroid S5 Bootloop dengan Cara Faktory Reset Lewat Recovery 

Cara ini cukup efektif untuk mengatasi HP Advan Vandroid S5 yang mengalami Bootloop tanpa perlu Flash atau install ulang. Sudah saya praktekan pada hp Vandroid keponakan saya yang Bootloop karena terlalu lama bermain game.

Cara Mudah Mengatasi Advan Vandroid S5E Berhenti di Logo (Bootloop) tanpa Flash

Caranya :

  • Matikan handphone.

  • Setelah handphone benar-benar mati tekan tombol power dan volume down secara bersamaan dan lepaskan saat logo sudah muncul, maka akan di hadapkan pada beberapa opsi.

  • Pilih opsi wipe data faktory reset dengan menekan tombol volume up untuk ke atas, volume down untuk ke bawah dan tombol power untuk memilih.

  • Tunggu proses hingga selesai dan pilih Reboot.

Hard Reset Advan S5E Recovery Mode Versi Bahasa China 

Caranya :
  • Advan S5E dalam kindisi OFF (Matikan Advan S5E). 

  • Masuk ke menu recoveery mode Advan S5E dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Down + Power secara bersamaan sampai muncul tulisan "FACTORY MODE" dan lepas kedua tombol volume dan power. 

  • Untuk navigasi di menu recovery mode Advan S5E gunakan tombol Volume dan Untuk konfirmasi gunakan tombol Power

  • Tekan tombol volume down sampai pada tulisan yang ada eMMC nya dan gunakan tombol power untuk memilih eMMC.

  • Tunggu proses reset Advan S5E sampai selesai, Jika proses telah selesai Advan S5E akan nyala dengan sendirinya. (Source)




Lihat Update spesifikasi dan harga hp Advan Vandroid S5e terbaru disini.......


Semoga dengan cara ini dapat mengatasi Bootloop terhadap HP Advan Vandroid S5E Anda. Semoga bermanfaat.....